Memilih Handy Talky Sesuai Kebutuhan Anda

Frekuensi Radio

Ada dua format utama untuk radio komunikasi dua arah yaitu Ultra High Frekuensi (UHF) dan Very High Frekuensi (VHF). Mereka masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Kedua format tersebut adalah cara yang efektif untuk berkomunikasi dengan orang lain. Tapi bagaimana Anda memutuskan mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Mari kita ke komponen kunci dari kedua frekuensi untuk membantu Anda memutuskan.

Radio dua arah berkomunikasi satu sama lain melalui penggunaan gelombang radio. Gelombang radio memiliki frekuensi yang berbeda, dan dengan tuning radio penerima ke frekuensi tertentu Anda dapat mengambil sinyal tertentu.

Gelombang radio yang ditransmisikan sebagai rangkaian siklus, satu demi satu. Anda akan selalu melihat pada display “Hz” singkatan digunakan untuk menunjukkan frekuensi radio. Hertz sama dengan satu siklus per detik.

Gelombang radio diukur dengan kilohertz (kHz), yang sama dengan 1000 siklus per detik, atau megahertz (MHz), yang sama dengan 1.000.000 siklus per detik – atau 1000 kHz. Hubungan antara unit-unit ini adalah seperti ini: 1.000.000 Hertz = 1000 kilohertz = 1 megahertz.

Anda juga dapat mendengar “panjang gelombang” istilah ini sering didengar ketika Anda mendengar tentang gelombang radio. Istilah ini berasal dari radio ketika frekuensi diukur dalam jarak antara puncak dua siklus berturut-turut dari gelombang radio, bukan jumlah siklus per detik. Frekuensi yang lebih rendah menghasilkan gelombang yang lebih panjang.

Sedangkan panjang gelombang mengukur jarak antara puncak-puncak siklus, frekuensi mengacu pada berapa lama waktu yang diukur adalah antara “puncak” dan “palung” dari gelombang tiba pada sumbernya. Jadi frekuensi mengukur waktu bukan jarak, tapi mereka pada dasarnya keduanya mengatakan hal yang sama.

Hal signifikan dari panjang gelombang untuk radio dua arah adalah bahwa hal itu mempengaruhi jangkauan transmisi dalam kondisi tertentu. Sebuah gelombang yang lebih panjang sebagai memungkinkan sinyal radio menempuh jarak yang lebih jauh.

Frekuensi yang lebih rendah atau panjang gelombang memiliki daya tembus lebih besar. Itulah salah satu alasan mereka digunakan untuk berkomunikasi dengan kapal selam. VLF gelombang radio (3-30 kHz) dapat menembus air laut sampai kedalaman sekitar 20 meter. Jadi kapal selam di kedalaman dangkal dapat menggunakan frekuensi ini.

Jadi dari apa yang Anda baca di atas Anda mungkin berpikir VHF selalu menjadi pilihan yang lebih baik untuk masalah komunikasi dua arah di mana Anda menggunakannya itu belum tentu benar. Meskipun VHF memiliki kemampuan lebih baik menembus, yang tidak selalu membuatnya menjadi pilihan yang lebih baik untuk bangunan. Ingat percakapan tentang panjang gelombang di atas? Panjang gelombang memiliki dampak besar pada transmisi.

Oven microwave Anda adalah contoh dari ini. Pintu depan kaca mesh memiliki logam dengan lubang yang sangat kecil. Gelombang mikro menjadi frekuensi yang sangat tinggi memiliki panjang gelombang yang hanya beberapa inci. Mesh menjaga microwave terjebak dalam oven tetapi memungkinkan Anda untuk melihat ke dalam karena gelombang cahaya memiliki panjang gelombang mikroskopis.

Bayangkan saja berjalan melalui gedung membawa tiang lebar satu setengah meter lebih. Anda akan menghadapi tantangan yang sama sebuah pertemuan sinyal VHF. Sekarang bayangkan berjalan melalui gedung dengan tiang itu hanya setengah dari lebar pintu seperti gelombang UHF. Ada banyak pintu yang bisa dilewati.

Perbedaan satu adalah bahwa sinyal nirkabel akan menembus dinding kering, batu, tubuh manusia, furnitur, panel dinding, dan benda-benda padat lainnya. Semua benda-benda ini akan mengurangi kekuatan sinyal sekalipun. Semakin padat objek, semakin mengurangi sinyal. VHF akan menembus hambatan tersebut lebih baik dari UHF, tapi itu tidak berarti bahwa VHF lebih baik untuk aplikasi indoor seperti yang akan kita bicarakan di bagian UHF bawah ini.

Untuk sebagian besar aplikasi, frekuensi radio yang lebih rendah lebih baik untuk jangkauan yang lebih panjang. Sebuah stasiun penyiaran TV menggambarkan hal ini. Sebuah stasiun VHF khas beroperasi pada sekitar 100.000 watt dan memiliki jangkauan cakupan radius sekitar 60 mil. Sebuah stasiun UHF dengan radius jangkauan 60 mil membutuhkan transmisi pada 3.000.000 watt.

Jadi tidak ada pilihan yang jelas untuk yang lebih baik, VHF atau UHF. Ada banyak “ilmu hitam” untuk teknologi radio sehingga tidak selalu mudah untuk membedakan mana akan bekerja lebih baik untuk aplikasi Anda. Untuk membantu Anda memutuskan pada teknologi terbaik untuk Anda, lebih detail tentang masing-masing disertakan di bawah ini.

  • Radio UHF

UHF peralatan beroperasi antara frekuensi 300 MHz dan 3000 MHz. Sampai saat ini, itu tidak banyak digunakan. Sekarang frekuensi radio UHF digunakan untuk GPS, Bluetooth, telepon nirkabel, dan WiFi.

Ada lebih banyak saluran tersedia dengan UHF sehingga di daerah berpenduduk UHF mungkin banyak penggunanya itu juga membuat cenderung memiliki banyak gangguan dari sistem lain. Jika Anda berada di wilayah di mana populasinya rendah, VHF akan bekerja dengan baik untuk Anda. Belum lama ini FCC (FCC adalah singkatan dari Federal Communication Commission. Sebuah organisasi pemerintahan yang dibentuk oleh Federal Communication Act pada tahun 1934 di Amerika. Organisasi ini mempunyai hak pengaturan telekomunikasi meliputi radio, video, telepon dan komunikasi satelit) juga membuka frekuensi VHF baru yang disebut MURS yang sejauh ini tidak banyak digunakan di kebanyakan daerah. Ada lebih lanjut tentang MURS bawah ini di bagian VHF. Jika Anda berada di wilayah di mana gangguan dari radio lain mungkin menjadi masalah, pemancar UHF dan penerima bisa menjadi pilihan terbaik kecuali jika Anda menggunakan radio VHF MURS. UHF lebih baik dalam menekan melalui hambatan fisik seperti dinding, bangunan, dan lansekap kasar. Apa pun yang menghalangi gelombang radio, akan melemahkan sinyal radio. UHF mengurangi efek tersebut. Meskipun tidak mungkin berjalan sejauh, UHF gelombang radio akan melintasi sekitar hambatan lebih baik dari VHF.

Untuk menyoroti perbedaan dalam jangkauan dalam ruangan, di bawah ini adalah kutipan dari brosur dari pembuat radio dua arah terkemuka pada kisaran prediksi salah satu lini mereka genggam VHF dan UHF radio dua arah:

“Cakupan perkiraan:.. Pada kekuatan penuh, line-of-sight, tidak ada penghalang kisaran adalah sekitar 4 km + cakupan indoor di VHF adalah sekitar 270.000 kaki persegi dan 300.000 kaki persegi di UHF Mengharapkan sekitar 20 lantai cakupan vertikal pada VHF dan sampai dengan 30 lantai di UHF. Catatan: Rentang dan cakupan merupakan perkiraan dan tidak dijamin “.

Gelombang VHF tidak baik dalam menemukan jalan mereka di sekitar dinding, bangunan dan lansekap kasar. Oleh karena jangkauan akan dikurangi secara signifikan untuk radio VHF dalam lingkungan. Itu belum tentu menjadi masalah jika rentang dibutuhkan adalah hanya beberapa ratus kaki. Anda juga dapat menambahkan antena eksternal ke base station VHF dalam ruangan yang akan mengurangi atau menghilangkan signal frekwensi pada masalah ini.

Salah satu kerugian untuk UHF adalah bahwa FCC mengharuskan Anda untuk mendapatkan lisensi untuk beroperasi di frekuensi ini. Meskipun banyak frekuensi pada pita VHF bisnis juga memerlukan lisensi. Jika Anda memilih radio di frekuensi VHF MURS Anda dapat mengoperasikannya tanpa lisensi. UHF peralatan biasanya lebih mahal. Komponen harus peka dan lebih mahal untuk membbuat. Ini tidak berarti itu selalu lebih baik, hanya lebih mahal.

Satu keuntungan dari transmisi UHF adalah gelombang fisik pendek yang dihasilkan oleh frekuensi tinggi. Itu berarti antena radio bisa lebih pendek dari radio VHF yang setara.

  • Radio VHF

VHF peralatan beroperasi antara frekuensi 30 MHz dan 300 MHz. FM radio, radio dua arah, dan siaran televisi beroperasi dalam kisaran ini.

Kedua UHF dan VHF radio rentan terhadap garis faktor berhadapan, namun VHF sedikit lebih. Gelombang membuatnya melalui pohon dan lanskap kasar, tetapi tidak serta UHF frekuensi lakukan. Namun, jika gelombang VHF dan UHF gelombang yang ditransmisikan melalui suatu daerah tanpa hambatan, gelombang VHF akan melakukan perjalanan hampir dua kali lebih jauh. Hal ini membuat lebih mudah VHF untuk menyiarkan pada jangkauan yang jauh. Jika Anda bekerja kebanyakan di luar ruangan, radio VHF mungkin adalah pilihan terbaik, terutama jika Anda menggunakan ruangan base station radio dan Anda menambahkan antena eksternal.

Sejak peralatan VHF digunakan tidak begitu rumit untuk membuatnya, peralatan biasanya lebih murah bila dibandingkan dengan peralatan UHF serupa. Salah satu kelemahan untuk peralatan ini dapat menjadi ukurannya. Karena gelombang frekuensi yang lebih besar, antena harus lebih besar.

Radio VHF juga memiliki sejumlah kecil dari frekuensi yang tersedia. Interferensi dengan radio lain cenderung menjadi masalah. Namun, FCC baru-baru ini mengurangi dari masalah ini ketika mereka membuka frekuensi MURS. Frekuensi MHz 150 adalah Band Warga spektrum radio yang disebut layanan MURS. MURS singkatan dari Multi Use Radio Service. Layanan ini untuk digunakan di Amerika Serikat dan Kanada. Ini adalah Frekewensi dengan kekuatan rendah dan pendek jangkauan layanan dalam spektrum 150 MHz VHF Band Warga radio. Ada 5 channel pada frekuensi MURS dengan 38 kode privasi di bawah masing-masing yang memungkinkan Anda untuk hanya mengambil percakapan pada kode Anda. FCC tidak mengharuskan pengguna produk untuk MURS untuk dilisensikan.

Dengan MURS Anda dapat menambahkan antena yang lebih besar atau eksternal untuk meningkatkan jangkauan. Jika Anda ingin menempatkan antena di atas rumah Anda atau bisnis, Anda dapat melakukannya dengan MURS. Beberapa produsen antena mengklaim antena eksternal dapat meningkatkan daya radiasi efektif pemancar dengan faktor 4. Ini interkom MURS dapat mengirimkan hingga empat mil, dan mungkin lebih banyak dengan antena eksternal tergantung pada medan.

Satu keuntungan dari radio VHF nirkabel adalah bahwa baterai hampir selalu lebih baik daripada untuk unit UHF serupa. Untuk radio genggam ini adalah plus.

VHF peralatan biasanya biaya lebih rendah bagi mereka di dalam anggaran. Peralatan bisa lebih ekonomis dibanding produk UHF serupa.

Singkatnya, jika Anda berencana menggunakan dua arah radio terutama di dalam gedung, maka UHF kemungkinan solusi terbaik untuk Anda. Jika Anda terutama menggunakan dua arah radio untuk komunikasi outdoor, maka VHF akan menjadi pilihan yang baik. Entah teknologi radio dapat bekerja untuk Anda jika Anda tidak benar-benar memiliki rentang panjang untuk menutupi. Dalam hal ini Anda mungkin ingin memilih VHF untuk itu biaya lebih rendah.

Sumber: http://ezinearticles.com/?UHF-Versus-VHF—Which-Two-Way-Radio-Frequency-is-Better?&id=1328253