Teknik Komunikasi Radio

ICOM IC-V3500Komunikasi dengan menggunakan frekuensi radio bukan hanya sekedar hoby melainkan juga dapat digunakan sebagai sarana pada berbagai kegiatan. Pada dasarnya ber Komunikasi menggunakan alat elektronik berupa Handy Talky ( HT ) maupun Rig yang menggunakan band frekuensi HF, VHF dan UHF tentu saja kita harus mengenali cara meng Opersikan alat itu sendiri apapun merk produknya.

Pengenalan instrument radio/perangkat komunikasi harus dipelajari terlebih dahulu oleh pemilik radio komunikasi baik melalui buku petunjuk masing-masing produk maupun secara lisan dengan seseorang yang sudah paham pengoperasian radio/perangkat komunikasi.

Ketika kita akan melakukan hubungan komunikasi pada suatu kegiatan terlebih dahulu diperhatikan kanal frekuensi yang digunakan kegiatan, untuk itu agar tidak terjadi penggunaan frekuensi yang sama serta pada wilayah yang sama pula maka libatkanlah organisasi komunikasi yang telah ditunjuk Pemerintah guna dapat memberikan saran dan arahan yang benar di dalam penggunaan kanal frekuensi.

Sehingga tidak terkesan menggunakan frekuensi seenaknya saja, paling tidak dapat memberikan bimbingan tentang cara menggunakan frekuensi secara benar serta tidak merugikan pengguna frekuensi lain.

Ada beberapa langkah persiapan komunikasi suatu kegiatan adalah sebagai berikut :
1.Pastikan perangkat komunikasi anda dalam kondisi baik siap on line :
– Antena terpasang
– Baterry terpasang dan siap pakai
2. Tentukan dan pastikan kanal frekuensi yang akan digunakan benar-benar kosong
3. Tentukan nama panggilan baik perseorangan maupun kelompok pada suatu kegiatan
4. Bawalah dan siapkan ATK sebelum kegiatan komunikasi dimulai
5. Persiapkan personil yang siap, tanggap dan bertanggung jawab
6. Selalu koordinasi apabila ditemukan kasus kegiatan

Sumber: sites.google.com/site/rapi1803/teknik-komunikasi